Prinsip Kerja Motor 2-Tak
Motor 2 langkah
Pada
dasarnya prinsip kerja motor 2-tak sangat simpel/sederhana. Pada
satu siklus pembakaran terjadi dua kali langkah seker/piston. sangat
berbeda sekali dengan prinsip kerja motor 4-tak. Pada motor 4-tak terjadi 4
langkah pada satu siklus pembakaran. walaupun sama-sama memiliki 4 proses,
langkah isap, langkah tekanan/kompresi, langkah putar/tenaga dan langkah buang.
yang diteruskan ke saluran buang atau Knalpot. banyak merk-merk
kendaraan bermotor yang sangat digemari ABG yang masih duduk di bangku SMP
dan SMA. seperti Honda NSR 2T, Kawasaki Ninja, Yamaha
RX King, Suzuki RGR, dan masih banyak lagi.Titik Mati Atas (TMA) dan
Titik Mati Bawah (TMB)
Langkah 1 dari TMA ke TMB, Piston bergerak dari TMA ke TMB maka akan
terjadi penekanan pada ruang Bilas yang ada di bawah piston. Pada lubang linier
terdapat lubang dari Intake dan Exhaust. saat piston bergerak melewati lubang
exhaust, gas yang berada pada ruang bakar akan keluar melalui lubang exhaust.
saat piston melalui lubang intake maka gas dalam ruang bilas yang terpompa oleh
piston akan masuk ke dalam ruang bakar, dan saat langkah ini gas dari sisa
pembakaran akan terdorong keluar melalui exhaust.
Langkah 2 dari TMB ke TMA, Piston yang bergerak dari TMB ke TMA akan
melakukan penghisapan campuran bahan bakar, udara, dan pelumas (oli samping).
setelah piston melewati lubang intake dan lubang exhaust maka piston akan
melakukan langkah kompresi yang akan menghasilkan tekanan pada ruang bakar.
piston akan terus menekan sampai TMA, dan pada tepat berada di TMA. campuran
bahan bakar dan udara yang sudah mendapat tekanan yang dasyat dari piston akan
terbakar oleh api yang dipercikkan oleh busi. setelah terjadi ledakan pada
ruang bakar maka akan diteruskan ke langkah tenaga, dan tenaga
disalurkan ke sistem transmisi.
seperti itulah gambaran prinsip kerja motor 2-tak. hal tersebut
terjadi berulang-ulang selama motor masih bekrja. inilah sedikit gambaran
prinsip kerja motor 2-tak.
bagus gan,, thanks yaa,, sangt membantu...
BalasHapus